Pusat Studi Wanita Universitas Gajah Mada

PSW UGM merupakan bagian dari masyarakat yang berpartisipasi aktif dalam pembangunan yang berkelanjutan dan dan menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas. PSW UGM berupaya untuk menegakkan hak-hak perempuan dan laki-laki atas kesempatan yang sama, pengakuan yang sama, dan penghargaan yang sama di masyarakat dalam proses pembangunan, akses yang sama terhadap pelayanan serta memiliki status sosial dan ekonomi yang simbang (Kesetaraan dan keadilan Gender). Sumber daya manusia laki-laki dan perempuan meresap dalam empat fungsi utama manajemen, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi sehingga dilaksanakan Pengarusutamaan Gender (PUG) atau Gender Mainstreaming.

Berangkat dari kesadaran itulah, PSW UGM mengembangkan dirinya untuk terus menerus melakukan kegiatan;

  1. Pengkajian tentang permasalahan perempuan dan gender,
  2. Mengembangkan konsep-konsep mengenai hubungan gender.
  3. Memberikan dukungan ilmiah bagi perumusan kebijakan masukan kurikulum yang terkait dengan studi gender.
  4. Melaksanakan pelatihan dan pengembangan untuk studi gender di PSW Universitas lainnya dan bagi rencara di lembaga pemerintahan.
  5. Melaksanakan konsultasi dan advokasi terkait gender, dan
  6. Melakukan pemberdayaan masyarakat yang berperspektif gender.

PSW UGM menjadi institusi pusat studi multidisiplin ilmu yang unggul, terdepan, bertaraf lokal, nasional , dan internasional yang berorientasi pada perspektif gender . PSW UGM sebagi institusi yang berorientasi pada perspektif gender senantiasa berupaya meminimaklan dan menghapus ketidakadilan gender yang terjadi si masyarakat baik lingkungan formal maupun nonformal.

Alamat
Jalan Asem Kranji Blik K-5,
Sekip Bulaksumur
Yogyakarta

Telp.
(0274) 583546, 902417

E-mail

Website
http://www.psw-ugm.web.id

Leave a Reply